Wednesday, September 26, 2012

Joystick


JOYSTICK
PENGANTAR
Tuas kontrol atau Tuas Kendali(bahasa Inggris: joystick) adalah alat input komputeryang berwujud tuasyang dapat bergerak ke segala arah. Alat ini dapat mentransmisikan arah sebesar dua atau tiga dimensi ke komputer. Alat ini umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol.
Tuas kendali telah menjadi alat kontrol utama pada kokpitpesawat terbang, termasuk pesawat jet dan pesawat militer, baik sebagai tuas utama ataupun tuas di sisi-sisinya. Tuas kendali juga digunakan untuk mengontrol mesin seperti mesin derek, truk, kursi roda, kamerapengawas dan mesin pemotong rumput. Miniatur dari tuas kendali finger-operated telah diadopsi sebagai alat input untuk peralatan elektronikkecil seperti telepon seluler (ponsel).

SEJARAH AWAL
Joystick pertama kali diperkirakan berasal pilot Perancisdi awal abad ke-20 oleh Robert Esnault-Pelterie[3]. Nama ini juga diakui oleh beberapa pilot lain seperti Robert Loraine, Henry James Joyce dan George AE. Loraine memasukkan nama “joystick” dalam buku hariannya pada tahun 1909 ketika ia pergi ke Pau untuk belajar terbang di sekolah Blériot's. Sementara George AE adalah seorang penerbang perintis yang bersama temannya Jobling membangun dan menerbangkan pesawat di Newcastle, Inggris pada tahun 1910. Dia diduga telah menemukan "George Stick" yang lebih dikenal sebagai joystick atau tuas kendali.

PERKEMBANGAN JOYSTICK DIBIDANG ELEKTRONIK (GAMES)
Joystcik games pertama kali ditemukan oleh Ralph H. Baer, penemu televisidan video games Magnavox Odyssey konsol, yang dirilis pada tahun 1972, menciptakan permainan video pertama yang menggunakan tuas kendali pada tahun 1967. Mereka mampu mengontrol posisi horizontal dan vertikal dari tempat yang ditampilkan pada layar. Tuas kendali permaian elektronik pertama yang tersedia secara komersial dirilis oleh Sega sebagai bagian dari permainan rudal atap mereka pada tahun 1969, sebuah simulasi permainan tembakan yang menggunakan tuas kendali dua arah dengan satu tombol "api" untuk menargetkan dan menembak pesawat yang mendekat yang ditampilkan pada layar proyeksi.

Fungsi dan Kegunaan Joystick
Joystick pada umumnya digunakan sebagai pelengkap untuk memainkan permainan video yang dilengkapi lebih dari satu tombol. Selain untuk mengontrol permainan video, tuas kontrol juga banyak diimplementasikan pada mesin lain, seperti pada kursi roda bermotor dan truk.

Macam-macam Joystick
Joystick Games
 

 Jenis joystick di atas adalah jenis joystick yang paling sering digunakan para Gamers dikarenakan joystick tersebut dapat digunakan untuk game apa saja.
 Joystick khusus game pesawat
 Joystick khusus Shooting game
Joystick tersebut berfungsi khusus untuk game balap mobil.

Joystick pada Peranti Lain
 Joystick pada sebagian Handphone

Joystick(Tuas) pada Pesawat Terbang

Referensi : id.wikipedia
                 kaskus
SEKIAN TERIMA KASIH, WASSALAM 

Makasih Gan udah mampir ke Blog  ane


Di-Share aje Gan, kalo perlu kasih sedikit Cendol(Koment) nya  

Bagikan

Jangan lewatkan

Joystick
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.